Apa Itu PHP? Pengertian Bahasa Pemrograman PHP

Apa Itu PHP? Pengertian Bahasa Pemrograman PHP – TIPS DUNIA

Pengertian Bahasa Pemrograman PHP

Pengertian PHP disini merupakan salah satu Bahasa Pemrograman Server Side Scripting yang bersifat open source yang mana dibuat untuk mengembangkan situs website. Nama PHP sendiri merupakan singakatan dari PHP adalah PHP: Hypertext Preprocessor.

Bahasa ini menjalankan proses pada runtime dan tentu setiap hasil dari proses pada bahasa ini berbeda-beda tergantung proses yang dieksekusi. Bahasa pemrograman ini bersifat server-side yang mana prosesnya dieksekusi/berjalan pada sisi server bukan pada sisi client. Sederhananya ketika bahasa ini mendapatkan instruksi maka akan diproses pada sisi server aplikasi bukan pada sisi client seperti browser pengguna. Adapun server-server yang sering digunakan untuk menjalankan bahasa PHP ini, seperti Apache, Nginx dan LiteSpeed.

Dan juga PHP ini bersifat open source yang mana memungkinkan pengguna untuk memodifikasi bahasa pemrograman ini dengan gratis. Bahasa pemrograman ini sangatlah populer dikalangan programmer website, dan hingga saat ini hampir 78% website yang ada diseluruh penjuru dunia dikembangkan dengan bahasa pemrograman ini.

Sejarah PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada tahun 1995 oleh seseorang yang bernama Rasmus Lerdorf. Namun pada awal kemunculannya nama dari bahasa ini bukanlah PHP melainkan Form Interpreted (FI). Yang mana fungsi awal dikembangkannya bahasa pemrograman ini adalah untuk keperluan mengolah data formulir pada situs website.

Dan setelah itu Rasmus Lerdorf merilis kode sumber dari bahasa ini menjadi bersifat umum atau open source dan juga ia mulai mengganti namanya menjadi PHP/FI. Semenjak bahasa ini dibuat open source, bahasa ini menjadi semakin populer karena makin banyak programmer yang mulai mengembangkan lagi bahasa pemrograman ini ke tahap yang lebih bagus lagi.

Nah itu merupakan sejarah singkat dari bahasa pemrograman PHP.

Apa Itu PHP? Pengertian Bahasa Pemrograman PHP
Apa Itu PHP? Pengertian Bahasa Pemrograman PHP

Fungsi Bahasa Pemrograman PHP

Fungsi dari bahasa pemrograman PHP secara umum yaitu digunakan untuk pengembangan website. Dalam pembuatan website, bahasa pemrograman ini digunakan untuk melakukan proses artimatika maupun algoritma guna melakukan pengolahan pada data yang terdapat di website.

Dan juga fungsi lainnya dapat digunakan untuk proses koneksi antara website dengan database. Yang mana PHP sendiri dapat melakukan koneksi ke berbagai macam database seperti MySQL, MongoDB, PostgreSQL dan masih banyak database lainnya. Tentu dalam pembuatan website dinamis kita memerlukan yang namanya database untuk menyimpan data-data dari website yang dibangun. Nah bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk proses koneksi dan pengolahan data dari database.

Kelebihan PHP

Tentu setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihannya masing-masing. Dan kelebihan yang dimiliki dari bahasa pemrograman ini adalah :

  • Mudah untuk dipelajari
  • Memiliki performa yang tinggi
  • Dapat terkoneksi kebanyak database
  • Open Source / Gratis
  • Fleksibilitas yang tinggi
  • Terdapat banyak komunitas
  • Selalu diperbaharui

Itu merupakan beberapa kelebihan dari bahasa pemrograman PHP. Namun sebenarnya masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang kita dapatkan ketika menggunakan bahasa pemrograman ini. Untuk mengetahui kelebihan lainnya kita perlu mencoba dan selalu mengeksplor bahasa pemrograman ini.

Jika kalian belum pernah mencoba bahasa pemrograman ini, saya merekomendasikan untuk mencoba bahasa pemrograman ini. Namun menurut saya setiap orang yang belajar bahasa pemrograman pastinya sudah pernah mencoba dan bahkan sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman ini.

Contoh Syntax PHP

Disini saya mencoba memberikan contoh penulisan dasar dari bahasa pemrograman PHP. Code dari bahasa ini cukup simpel dan mudah untuk dimengerti, Contoh codenya seperti :

<?php
echo "Hello World";
?>

Contoh code diatas merupakan code untuk menampilkan kata “Hello World”.

Penulisan code PHP diawali dengan <?php yang menjadi awalan dan berakhir dengan ?> yang menjadi akhir dari code PHP. Dan code echo ” “ merupakan code yang digunakan untuk menampilkan tulisan ke layar.

Cukup mudah bukan? Nah ini hanya contoh sederhana dalam penulisan code php. Kalian bisa mengeksplor lebih jauh lagi sampai mana bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk pengembangan sebuah website.

Penutup

Sekian penjelasan dari Tips Dunia mengenai bahasa pemrograman PHP. Dan saya sangat merekomendasikan bahasa pemrograman ini untuk digunakan dalam pengembangan website karena memiliki banyak sekali fitur dan kelebihan yang dapat membantu dalam proses pengembangan website.

Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan jika memiliki pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar dibawah 🙂