5 Cara Menghitung Usia Kehamilan Manual Dalam Minggu

5 Cara Menghitung Usia Kehamilan Manual Dalam Minggu

Buat para ibu ataupun calon ibu, kehamilan merupakan anugrah terindah yang didapatkan. Begitu pula bagi sang suami tentunya sangat mendambakan istinya untuk cepat hamil.

Nah ngomong-ngomong soal kehamilan, ibu-ibu yang melewati masa awal kehamilan sering diberikan pertanyaan seperti ‘Sudah usia berapa kehamilannya?’. Nah tentu untuk menjawab pertanyaan ini setiap ibu-ibu itu perlu mengetahui cara menghitung usia kehamilan untuk bisa memperkirakan sudah berapa usia kehamilan mereka.

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Kali ini Tips Dunia ingin memberikan 5 Cara Menghitung Usia Kehamilan. Dan semoga cara ini bisa berguna bagi setiap ibu-ibu yang lagi mengandung calon buah hati kesayangannya.

Apa saja kelima cara tersebut? simak penjelasan berikut :

1. Coba Perhitungan Sederhana

woman in white dress shirt using calculator near office window
Photo by Mikhail Nilov on Pexels.com

Kita mulai dengan perhitungan sederhana. Contoh perhitungannya, misalkan siklus menstruasi biasanya 35 hari dan HPHT adalah 1 Desember maka selanjutnya ditambahkan 21 hari guna menghitung perkiraan ovulasi.

Dari perhitungan itu kita mendapatkan hasilnya adalah tanggal 22 Desember. Setelah itu kurangi 14 hari maka didapat hasilnya tanggal 8 Desember.

Nah dari tanggal 8 Desember ini bisa ditentukan trimester 1, 2, dan 3 dari usia kehamilan.

2. Cari Tahu Masa HPHT

woman suffering from a stomach pain
Photo by Sora Shimazaki on Pexels.com

Kedua adalah dengan cara mengetahui masa HPHT. Apa itu HPHT? HPHT merupakan singkatan dari “Hari Pertama Haid Terakhir”.

Caranya adalah dengan menghitung selisih dari hari terakhir kalian HPHT dengan tanggal saat ini. Jika sudah didapat berapa hari maka kira-kira segitu usia kehamilan kalian.

Namun cara ini hanya diperuntukan bagi mereka yang mengalami menstuasi secara teratur setiap bulannya.

3. Coba Rumus Naegele

woman writing on a whiteboard
Photo by ThisIsEngineering on Pexels.com

Cara ketiga yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan rumus Naegele. Gunakan rumus ini untuk mengetahui perkiraan hari persanilaln buah hati anda nanti.

Namun untuk menggunakan rumus ini para ibu harus tahu masa HPHT mereka. Jika sudah tahu maka bisa dicoba dengan rumus berikut.

Rumus : (Tanggal HPHT + 7), (Bulan haid terakhir – 3), (Tahun pada saat haid terakhir + 1)

Contoh : Jika HPHT pada tanggal 1 Desember 2022

Hasil : (1 + 7), (12 – 3), (2022 + 1) = 8, 9, 2023 (8 September 2023)

Jadi bisa didapat perkiraan dari persalian untuk buah hati tercinta kira-kira pada tanggal 8 September 2023 jika siklus HPHT terahir pada tanggal 1 Desember 2022.

Baca Juga : 5 Tips Hidup Sehat, Lalukan Ini Untuk Menjaga Kesehatan

4. Coba Periksa Janin

person holding an ultrasound scan photo
Photo by Lazaro Rodriguez Jr on Pexels.com

Cara selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan janin. Dengan melakukan pemeriksaan janin maka kita akan mengetahui kondisi dari janin yang dikandung.

Dan juga dengan cara ini kita bisa berkonsultasi dengan dokter dan bisa menanyakan berapa perkiraan usia kandungan kita.

Hal ini tentu sangat dianjurkan karena disamping kita bisa mengetahui perkiraan dari usia janin, kita juga dapat mengetahui kondisi dari janin kita apakah sehat atau lain sebagainya.

Bagi ibu hamil diharapkan untuk rutin memeriksa janin dan juga selalu berkonsultasi kepada dokter untuk solusi yang terbaik untuk kesehatan buah hati kita.

5. Lakukan Pemeriksaan USG

people woman sitting technology
Photo by MART PRODUCTION on Pexels.com

Cara terakhir untuk menghitung usia kehamilan adalah dengan melakukan pemeriksaan USG.

Dengan melakukan pemeriksaan USG, para ibu bisa melihat kondisi kandungannya dan juga bisa memperkirakan usia kandungannya.

Dan juga dengan melakukan pemeriksaan USG kita langsung bisa melihat kondisi dari buah hati kita dan bisa memperkirakan kapan hari persalinan sang buat hati kita.

Namun pemeriksaan USG baru dapat dilakukan paling cepat 5-6 minggu setelah menstruasi terakhir.


Nah mungkin itu 5 cara menghitung usia kehamilan yang dapat kalian coba. Kehamilan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu dan merupakan anugrah yang sangat istimewa.

Dan juga kadang para orang tua tentunya sudah tidak sabar untuk bisa menggendong buah hati mereka. Dan saat masa mengandung para orang tua tentunya menginginkan untuk bisa menghitung usia kehamilan mereka untuk bisa mengetahui perkiraan hari persalinan mereka.

Sekian tips dan cara yang bisa Tips Dunia berikan kepada anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dibawah 🙂